Cara mencegah kanker payudara dari mengkonsumsi buah dan kebiasaan lain.

kompas.com.jpg

Sumber : Kompas.com

Kanker ini merupakan kanker yang paling umum menjangkit wanita. Di Indonesia, ada sekitar 350.000 wanita yang terkena kanker payudara. Lakukanlah kebiasaan hidup sehat, seperti mengkonsumsi buah-buahan, jauhilah minuman beralkohol, serta aktif  berolahraga dapat membantu mencegah kanker payudara

Supaya terhindar dari penyakit ini, memanglah perlu dilakukan pencegahan, terutama dalam memilih makanan. Kanker payudara dapat dicegah dengan melakukan beberapa kebiasaan-kebiasaan berikut ini.   

Utamakan makanan 

Pilihan makanan sangat berperan penting dalam pencegahan kanker payudara. berikut ini makanan pencegah kanker payudara.

  1. Berries

Konsumsilah buah-buahan beri, seperti bluberry, stroberry, dan raspberry hitam. Karena buah-buahan beri ini memiliki kandungan polifenol dalam jumlah besar, yang kemungkinan memiliki sifat antikanker. Selain itu, buahan beri juga mengandung antioksidan tinggi, seperti vitamin C.

Terdapat beberapa bukti bahwa buah beri dapat membantu mengurangi resiko penyebab kanker payudara. Satu porsi buah setara dengan ¾ hingga 1 cangkir buah bisa anda konsumsi setiap hari.

  1. Buah plum dan buah persik

Dilansir dari laman doktersehat menurut penelitian pada hewan tahun 2009, plifenol ternyata ditemukan dalam buah plum dan persik yang dapat membantu mencegah sel kanker payudara terbentuk lalu kemudian berkembang biak. Hal ini menjadi bukti bahwa polifenol membantu dalam proses membunuh sel-sel kanker sementara meninggalkan sel-sel yang sehat.

Memang tidak ada salahnya mencegah kanker dengan mengonsumsi buah sehat, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan porsi atau dosis yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat dari sifat antikankernya.

  1. Sayuran cruciferous

Rutinlah makan sayuran cruciferous karena sayuran ini dapat mencegah kanker payudara. Sayuran cruciferous kaya akan vitamin C,E, dan K serta kaya serat. Selain itu, cruciferus juga mengandung glucosinolates, sejenis bahan kimia. Nah, sayuran cruciferus itu seperti, brokoli, kembang kol, kubis brussel, kale, kubis.

  1. Karotenoid

Pada buah-buahan dan sayuran merah, orange, hijau gelap, dan kuning, karotenoid ditemukan. Makanan ini mengandung vitamin A, beta karoten, lutein, dan lycopene, yang barangkali efektif melawan  radikal bebas. Makanan ini meliputi : tomat, wortel, ubi jalar, kubis, apricot.

  1. Sayuran hijau gelap dan berdaun

Makanlah sayuran hijau gelap dan berdaun. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, maka nutrisinya semakin padat. Sayuran hijau tinggi oksidan dan kaya akan serat, yang dapat membuat makanan ini sebagai antikanker yang kebal.

Sediakan waktu luang

Ketika anda aktif secara fisik, hal itu dapat menurunkan resiko kanker payudara. Begitu juga sebaliknya, resiko terkena kanker akan meningkat pada seseorang yang bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisik. Minimal lakukanlah olahraga intensitas sedang seperti bersepeda atau jalan kaki selama 150 menit per minggu.

Batasi minuman beralkohol

Anda berpotensi terkena kanker payudara lebih tinggi jika biasa minum-minuman beralkohol lebih dari segelas perhari. Hal tersebut terjadi karena ada kaitannya dengan perubahan jumlah hormone di dalam darah. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi alcohol. Lebih disarankan unruk menghentikannya sama sekali.

Menyusui bayi secara teratur

Dengan menyusui bayi dapat mengurangi resiko kanker payudara hingga 22%. Dilansir dari laman alodocter diduga menyusui dapat membantu proses keseimbangan hormone, juga mencegah paparan zat pemicu kanker, dan menghindari kerusakan sel payudara.

Membatasi terapi hormone

Wanita yang sudah mengalami masa menopause biasanya melakukan terapi hormone. Terapi ini menggunakan hormone esterogen dan progesterone yang sifatnya jangka panjang. Terapi ini beresiko meningkatkan kanker payudara. 

Demikian itu ulasan mengenai pencegahan kanker payudara. Hiduplah dengan sehat dan teratur. Semoga bermanfaat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>